Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa

Oleh : Siti Wahyuni Pengurus Asrama Putri Lathofah

Iman dan taqwa adalah dua unsur pokok bagi pemeluk agama. Keduanya merupakan elemen yang penting dalam kehidupan manusia dan sangan erat hubungannya dalam menentukan nasib hidupnya serta memiliki fungsi yang urgen.

Ada enam strategi dalam rangka peningkatan keimanan dan ketaqwaan untuk peserta didik melalui pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah, diantaranya ;

pertama, integrasi iman dan taqwa dalam visi, misi, tujuan dan strategi sekolah.

kedua optimalisasi pelaksanaan pendidikan agama islam di sekolah.

ketiga integrasi iman dan taqwa dalam proses pembelajaran.

keempat pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler berwawasan iman dan taqwa.

kelima pembentukan school culture yang mendukung peningkatan kualitas iman dan taqwa.

keenam melaksanakan kerjasama antara sekolah dengan orang tua peserta didik.

Di sisi lain, ada tiga hal yang melatarbelakangi pentingnya program peningkatan iman dan taqwa.

Yang pertama, dalam era globalisasi terdapat pengaruh negatif media elektronik dan media cetak terhadap kehidupan masyarakat.

Kedua, kehidupan belum atau tidak kondusif bagi upaya peningkatan iman dan taqwa.

ketiga sebagian peserta didik (terutama di kota-kota besar) berprilaku menyimpang (perkelahian pelajar, tawuran, penyalahgunaan narkoba, penyimpangan seksual, dan kenakalan remaja lainnya).

Pendidikan karakter berbasis iman dan taqwa ini juùga bertujuan untuk mengungkapkan secara deskriptif konsep pendidikan karakter yang dapat dilaksanakan di sekolah.

Ini juga merupakan derivasi dari rumusan tujuan pendidikan nasional, sekaligus sebagai bagian dari kegiatan preventif terhadap penomena saat ini dan antisipasi dimasa mendatang.

Bagikan

1 komentar untuk “Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *